Opening Hours Mon to Fri - 07.30 AM to 17.00 PM Sat - 07.30 AM to 17.00 PM
Call Us 0751 35135 - 0811221787
Email Us si@unidha.ac.id si.unidha@gmail.com

Pelayanan Mahasiswa

  1. Bimbingan dan konseling

Bimbingan dan Koseling diberikan dalam bentuk kegiatan sebagai berikut:

  1. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Dharma Andalas tentang Penunjukan Dosen Penasehat Akademis(PA) Mahasiswa Unidha ( No :087A/KPTS-PA/UNIDHA/V/2015 untuk periode Ganjil 2015/2016) setiap mahasiswa memiliki Dosen Pembimbing Akademik untuk membantu perencanaan perkuliahan secara akademik dan non akademik
  1. Setiap mahasiswa memiliki kartu konsultasi yang digunakan sebagai alat evaluasi dan rekam data akademik mahasiswa.
  2. Bimbingan dan konsultasi akademik dilakukan setiap awal semester, tengah dan akhir semester dan diperlukan minimal 3 kali pertemuan dalam satu semester.
  3. Mekanisme bimbingan dimulai dari penunjukan dosen pembimbing akademik berdasarkan SK Rektor Unidha
  4. Tugas umum PA adalah membantu kelancaran studi mahasiswa, memberikan bimbingan dalam penyelesaian studi, memberikan bimbingan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi baik dalam perkuliahan maupun kegiatan yang tidak berhubungan langsung.
  1. Pada semester genap 2015/2016 bimbingan dan konsultasi perencanaan kuliah setiap semester telah dimulai dengan bimbingan KRS secara online pada portal akademik Universitas Dharma Andalas (unidha.ac.id). Pada pelaksanaan KRS Online mahasiswa terlebih dahulu melakukan bimbingan konsultasi perencanaan kuliah setiap semester secara langsung kepada Pembimbing Akademik sebelum diproses secara online pada Sistim Informasi Akademik.

Hasil kegiatan ini antara lain:

  1. Mengatasi hambatan dalam studi
  2. Pengisian KRS yang lebih baik dan terarah
  3. Masalah yang dihadapi mahasiswa dapat dideteksi oleh PA secara lebih awal
  4. Jumlah bimbingan PA minimal 3 x per semester

2. Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Untuk pembinaan minat dan bakat mahasiswa dibentuk wadah berupa organisasi mahasiswa serta unit-unit kegiatan mahasiswa berupa :

Di tingkat Universitas :

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM)

BEM memiliki agenda rutin setiap tahunnya salah satunya,FKU ( Festival Kreativitas Unidha).  Melalui PKM  ini mahasiswa dapat menyalurkan bakatnya melalui berbagai kegiatan dan lomba yang diadakan seperti Parade Band, Solo Song, Fashion Show, Fotografi, lomba debat, pembuatan video pendek, baca puisi dan berbagai kegiatan lainnya dengan tujuan memberikan wadah untuk pengembangan diri dan menyalurkan minat bakat mahasiswa.

Organisasi kemahasiswaan ini memiliki ruangan khusus untuk kegiatan operasional.

  1. Unit Kegiaan Mahasiswa (UKM) yang ada terdiri dari :
  • Kress merupakan unit kegiatan mahasiswa dibidang seni dan olahraga

Memiliki berbagai macam kegiatan seperti pameran seni rupa, memiliki grup musik dan tari serta musik tradisional talempong yang aktif tampil dalam berbagai pertunjukan dan acara salah satunya dalam acara ACEBASS 2017.  Kress juga aktif mengikuti berbagai lomba seperti Temu Teater Mahasiswa Nusantara dan festival seni.

  • Forum Studi Islam (FSI) At Tauhid UNIDHA adalah unit kegiatan mahasiswa bidang kerohanian Islamyang juga merupakan lembaga dakwah kampus. UKM ini memiliki banyak kegiatan rutin seperti Kajian Rutin FSI, Best Club Annisa, Islamic Training in Nature dan Responsi Agama Islam. UKM ini juga aktif melakukan berbagai kegiatan sosial.
  • Mahasiswa Pencinta Alam(Mapala) merupakan UKM pencinta alam yang rutin mengadakan pendidikan dasar cinta alam dan sering mengadakan ekspedisi lintas alam seperti ekspedisi Marapi-Singgalang.
  • Galang merupakan unit kegiatan pers mahasiswa sebagai sarana penyaluran minat dan bakat mahasiswa di bidang jurnalistik, fotografi dan tulis-menulis. UKM ini aktif menulis dan mempublikasikan karya anggotanya melalui mading ataupun media sosial.
  • Unidha Choir merupakan Paduan Suara mahasiswa yang rutin menjadi pengisi acara bagi setiap kegiatan UNIDHA terutama untuk acara wisuda.

Di  tingkat Prodi:

  • Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMATEMASI)

Adalah organisasi mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan intelektual,kepemimpinan,dan profesionalisme sebagai mahasiswa Sistem informasi. Hima memiliki kegiatan rutin seperti Mubes dan pemilu raya, latihan dasar kepemimpinan, Workshop dengan tema “Optimasi Kampus Melalui Media Sosial”serta menggelar acara Seminar dengan judul “Media Sosial Sebagai Platform e-Commerce” dan sebagai narasumbernya adalah DR. Yuhefizar, S.Kom, M.Kom

 

3. Pembinaan soft skills

Pembinaan softskills mahasiswa dilaksanakan secara terpadu baik melalui kegiatan intra maupun ekstra kurikuler,

untuk kegiatan intrakurikuler diantaranya :

  • Melalui sistem pembelajaran Student Center Learning, yang memasukkan unsur pembinaan softskills dalam proses dan penilaian seperti tugas kelompok dan presentasi yang akan melatih kerjasama, komunikasi dan  presentasi.
  • Kegiatan Magang/praktek kerja lapangan pada perusahaan. PKL merupakan tempat mengasah softskill mahasiswa karena melalui magang mereka merasakan langsung lingkungan kerja dan sangat melatih  communication skill mahasiswa.
  • Selain itu pembinaan soft skills juga dilakukan melalui kegiatan praktek kewirausahaan untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa dan membangun sikap mental wirausaha.

Untuk kegiatan ekstrakurikuler diantaranya:

  • Forum Studi Islam (FSI) At Tauhid juga melakukan kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana alam dalam rangka meningkatkan kepedulian untuk menolong sesama
  • Pola Pembinaan Mahasiswa baru (Polbinmaru) yang mana kegiatan ini diadakan pada saat mahasiswa baru akan memulai perkuliahan dengan tujuan mengenalkan kehidupan kampus dan membentuk karakter mahasiswa yang disiplin, mampu bekerjasama dan berintegritas.
  • Melalui organisasi kemahasiswaan dan unit kegiatan mahasiswa. Kemampuan memimpin, kerjasama tim dan membangun jaringan dikembangkan melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi kemahasiswaan dan UKM.
  • Pelatihan kepemimpinan yang diadakan oleh HIMATEMASI untuk membekali para pengurus dalam menjalani organisasi kedepan dan memberikan orientasi kepada pengurus HIMATEMASI dalam mengenal organisasinya.
  • Kegiatan Go Green melalui penghijauan area kampus Simpang Haru maupun lahan milik kampus di Limau Manis. Dilakukan pada saat penutupan acara Pola Bina Mahasiswa Baru (Polbinmaru)
  • Kegiatan Festival Kreativitas Unidha (FKU) yang diadakan sekali dalam setahun untuk mengasah softskill mahasiswa dalam organisasi dan kepemimpinan.

4. Beasiswa

Untuk menunjang pendidikan mahasiswa,  institusi menyediakan dan memfasilitasi pemberian beasiswa dalam bentuk

  1. Beasiswa dari pemerintah melalui Kopertis Wilayah X dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa untuk mahasiswa yang tidak mampu dari segi ekonomi seperti PPA dan BBM dan beasiswa bidik misi.
  2. Beasiswa dari institusi lain/Perusahaan melalui kerjasama universitas dengan perusahaan seperti Bank Nagari dan Tangkelek Group.
  3. Beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ)

5. Kesehatan

  • Asuransi kecelakaan bagi mahasiswa
  • Bebas biaya pertolongan pertama di rumah sakit.
  • Poliklinik

Institusi juga menyediakan fasilitas berupa Poliklinik dilingkungan kampus yang beroperasi setiap hari, sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan bagi mahasiswa.

Need Help? Chat with us