Apa itu internet dan bagaimana seluk beluk internet

Di zaman sekarang hampir semua kalangan dari muda sampai tua pasti memiliki ponsel pintar bukan 😀 apalagi generasi Z sekarang semua tidak lepas dari yang namanya internet, karena ponsel zaman sekarang tanpa adanya internet tidak bukan hanya seperti sebuah kakulator. Tetapi pernahkah terlintas dibenak kalian apa itu internet? Bagaimana cara kerja internet atau siapa yang menciptakan internet dan bagaimana perkembanganya dari dulu hingga sekarang?
Di artiker ini kita bakal menjelaskan semua pertanyaan yang mengganggu tidur nyenyak kalian, jadi siapkan sabuk pengaman dan perpegangan erat karena kita akan pergi ke masa lalu tepatnya pada tahun 1960an dimana asal mula internet di ciptakan, yuuk meluncur……

Perkembangan ini pun terus berlanjut hingga pada tahn 1980an sebanyak 1000 komputer dapat saling terhubung dengan adanya internet ini dan pada tahun 1990an tim Barner lee menemukan WWW (World Wide Web) yang bisa di gunakan publik untuk mengakses Web

Sedangkan internet masuk ke indonesai adalah tercatat pada tahun 1980an yang melibatkan 5 Universitas yaitu UGM, ITB, UT, UI, dan ITS namun sayangnya jaringan internet ini tidak berkembang cukup baik karena masalah fasilitas yang kurang memadai pada saat itu, barulah pada tahun 1998 internet ini menjadi sangat populer dan internet pada saat itu juga dijadikan alat untuk melawan dan menggulingkan rezim orde baru yang memiliki peran penting dalam pergerakan aktivis reformasi. Jadi internet yang awalnya untuk keperluan pertahanan milik Amerika serikat sekarang sudah berkembang menjadi alat komunikasi yang bisa di akses secara publik.

Kita juga harus berterimakasih kepada bapak internet yaitu Leonard Kleinrock seorang insiyur sekaligus ilmuan asal Amerika serikat yang telah menemukan internet karena kita tidak bisa membayangkan akan seperti apa jadinya dunia ini kalau tidak ada internet, perkembangan teknologi pun mungkin tidak akan terjadi secepat ini.


Cara Kerja Internet
Cara kerja internet sendiri adalah dengan cara memanfaatkan alamat IP sebagai penghubung antara server, dan server inilah yang akan menghubungkan pengguna diseluruh dunia. Server itu pun juga memiliki alamat IP nya sendiri untuk membedakan server satu dengan lainya, contoh kita ingin membuka youtube maka alamat IP kita akan terhubung ke alamat IP Server youtube dan ini alamt IP Server ini berbeda dengan alamat IP Server Twitter. Dan data yang kita masukan ke server youtube akan dikembalikan ke lagi kita sebagai alamat IP user maka terjadilah sebuah siklus timbal balik akses internet antara user dan youtube, begitu juga pada saat kita membuka twitter, instagram, facebook, browser, semuanya menjalani siklus timbal balik yang sama.

Pengetian Internet
Setelah kita mengetahui seluk beluk internet kita dapat menarik kesimpulan bahwa internet adalah sebuah sistem jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan saling bertukar informasi data meggunakan protokol internet (TCP/IP) yang memungkinkan seluruh perangkat atau user terhubung ke seluruh dunia.


Jadi itulah penjelasan singkat mengenai Internet. Sebenarnya masi banyak lagi fakta fakta menarik tentang internet mungkin akan dibahas di lain artikel lainya yaa, Cyaa.