Hosting dan Penjelasannya

Buat kamu yang ingin membuat website pasti perlu yang namanya hosting. ibarat rumah, hosting adalah tanahnya, percuma dong udah bikin rumah tapi gak ada tanahnya, mau ditaruh mana rumahnya hihi 😀 jadi sangat perlu yang namanya hosting, dan juga hosting pasti berbarengan dengan domain. Hosting dan doamin ini sangat penting untuk berdirinya sebuah website yang akan kamu buat. Di artikel ini kita akan membahas dan memberi penjelasan apa itu hosting dan disamping itu kita akan menjelaskan apa itu domain karena tidak afdol rasanya membahas hosting tanpa domain.

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah tempat dimana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet, file website yang disimpan pada hosting dapat berupa teks gambar video script aplikasi dan juga database. Nah bisa di bayangkan kan pentingnya hosting dalam sebuah website. Sedangkan domain adalah nama pada sebuah website. kalau diibaratkan dengan contoh diawal tadi jika kita sudah membuat rumah dan mempunyai tanah maka domain ini adalah alamat rumah tersebut, bagaimana cara orang mengunjungi rumah mu tanpa alamat nah itulah fungsi domain. Contoh domain yang sering kamu lihat dalah .Com, .ID, Co.id, dan lain sebagainya
Ketika kamu menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website yang kamu lakukan pertama kali pada browser adalah mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu di kolom Google yakan? lalu setelah terkoneksi komputer akan mengirim data yang kemudian akan terhubung langsung ke server kemudian halaman website akan dikirimkan kembali dan di tampilkan melalui halaman browser. oleh karena itu jika kamu ingin memiliki website domain dan hosting adalah hal utama yang harus kamu beli dan miliki.
Nah untuk memperjelas mengenai pengertian Apa itu hosting di artikel ini kita akan memberikan penjeasan dan gambaran ke kamu apa perbedaan antara hosting dan domain. Yukk meluncur…

Perbedaan Hosting Dan Domain
Hosting bisa diibaratkan sebagai sebuah tanah yang disewakan dengan ukuran tertentu dan setiap tanah pasti memiliki ukuran yang berbeda antara tanah A dan juga tanah B, semakin bagus tanah dan luas tanah tersebut maka biaya yang dikelaurkan akan semakin mahal. Hosting yang mempunyai fitur unik dan bagus harga yang ditawarkan pun akan lebih mahal ketimbang hosting dengan fitur seadanya. Itu kembali lagi dengan kebutuhan kamu, karna setiap hosting memiliki kekurangan dan kelebihanya masing masing.
Sedangkan Domain adalah nama dari Website kamu atau sebuah alamat yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet. setiap komputer memiliki nomor atau alamat yang berbeda disebut dengan alamat IP.
setelah menjelaskan perbedaan apa itu hosting dan domain selanjutnya kita akan membahas dan menjelaskan jenis-jenis hosting, seperti yang disebutkan diatas masing-masing hosting menawarkan jenis hosting yang berbeda agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Berikut adalah jenis – jenisnya.

1. Share hosting merupakan tipe web hosting yang paling banyak digunakan, hosting ini menjadi pilihan yang pas untuk blog dan web yang sederhana, dengan memilih share hosting kamu dapat berbagi server yang sama, berbagi semua recource dan lain-lain dengan klien lainnya di provider hosting yang sama

2. VPS atau Virtual Private Server adalah pilihan hosting yang paling aman dari Share hosting kamu masih berbagi server dengan pengguna lainnya akan tetapi penyedia hosting telah mengalokasikan beberapa bagian server untuk kamu sendiri, Memilih VPS berarti kamu membuat website di platform yang jauh lebih aman dengan jaminan resourse (memori, disk space, CPU core, dll) yang kamu tidak mengharuskan untuk berbagai bersama user lainnya.

3. Cloude hosting merupakan paket yang paling banyak disukai di pasaran karena dengan hosting ini tidak ada namanya downtime karena ketika salah satu server sibuk maka cluster akan mengalihkan strafik ke server lainya yang tidak terlalu sibuk jadi dengan cloud hosting kamu dapat menggunakan sekumpulan server tidak hanya satu saja.

4. WordPress hosting merupakan bentuk lain dari share hosting dan dibuat untuk pengguna CMS WordPress, dengan begitu pengguna tidak perlu meragukan tentang kecepatan page speed, keamaan website, dan resource yang terbatas. Hosting ini juga disebut dengan managed wordpres hosting.

Nah sekian dulu penjelasan mengenai hosting sekaligus domain semoga dapat memberikan ilmu kepada yang membaca dan semoga bermanfaat.